Tuesday, July 5, 2011

GALAU

adjective itu agaknya lagi banyak dipake anak sekarang y
tapi gua suka ga abis pikir, kenapa setiap gua update status "galau" di Twitter, teman2 yg lain nanggepin "ciee sama siapa de??" and so on..
gua heran, kenapa sih pikiran anak sekarang itu ga lain ga bukan CINTA mlulu? astaga..
baru juga 16-18 tahun..

galau yg gua maksud bukan galau soal begituan, tapi galau soal masa depan sendiri.
udah 3 hari 2 malem gua terus mikir apa sebaiknya jurusan kuliah yang gua pilih? Dua minggu lagi udah masuk sekolah dan sekitar 4-5 bulan lagi udah mulai hectic daftar sana-sini buat kuliah.
Nah, sekarang gua merasa mandet.

Dari dulu gua selalu mau masuk kedokteran, bagus negeri swasta juga oke
tapi sekarang gua ga bisa mikir kayak gitu lagi.
Pasalnya, kondisi kocek ortu yang semakin labil dan gak menentu membuat gua harus punya plan B untuk jaga2.
Kalo kata Bong Chandra," There's no plan B" , kata gua kalo ga punya plan B dari sekarang, bisa kalang kabut kalo-kalo ga berhasil tembus SNMPTN ato SMUP ato SIMAK ato jalur lainnya untuk masuk PTN. (amit-amit)
Kenapa gua ngomongin PTN? Kalo serius ingin masuk kedokteran, PTS punya biaya kuliah yang SANGAT SANGAT SANGAT mahal, baik uang pangkal maupun uang semesteran.
Kemaren ini gua googling untuk liat berapa sih uang pangkal dan uang semesteran buat FK di univ-univ?
dan hasilnya cukup mengagetkan.

Untuk program studi kedokteran Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta tahun masuk 2011/2012 dikenakan uang pangkal sebesar Rp 145.000.000,-
Astaga Tuhaaannnn itu bayar uang pangkal atau bayar uang beli rumah?
dan uang semesteran nya sebesar Rp 14.000.000,-
Satu kata yang terlintas di kepala gua : GILA
Gua ga tega minta orang tua gua untuk bayar biaya sedemikian untuk kuliah gua. Ga. Ga tega.
Terus gimana caranya supaya gua bisa kuliah untuk capai cita-cita gua?

Salah satunya - ups, bukan salah satunya -
satu-satunya cara adalah dengan masuk PTN.
Kemarin gua sempet bongkar2 isi laci koko gua yang udah ga terurus sejak dia kuliah tahun 2007 dan gua menemukan sesuatu di sana - buklet Petunjuk Mengisi Formulir SPMB.
Sontak langsung gua liat2 secara membabibuta, ada apa di dalemnya?
Gua liat2 ada daftar universitas regional I (Sumatera, Jawa Barat, dan Jawa Timur). Di situ gua liat UI, UNPAD, UGM (karena setau gua untuk prodi kedokteran yang bagus di pulau Jawa ini ya ada di universitas itu). Gua liat JUMLAH PEMINAT sama KUOTA PENERIMAAN nya.
Gua kaget begitu liat jumlah peminat masing-masing FK di univ2 itu yang jumlahnya 2000-3000an, tapi yang bakal diterima cuma 120-130an.
Lemes selemes-lemesnya.

Setelah liat kenyataan yang menyakitkan ini, gua langsung berpikir, "Mau ga mau gua harus punya plan B sebagai cadangan buat menghadapi kemungkinan terburuk (ga diterima si PTN) (amit-amit)"
Nah, inilah pangkal kegalauan gua sampai detik ini.
Jurusan apa yang bakal gua pilih di samping kedokteran?
Yang sempet terbesit di benak gua : biotek, teknologi pangan, komunikasi, ekonomi
yang terakhir gua sebut itu gua ragu banget sampai sekarang, karena ga ada satu pun hal menyangkut perekonomian yang gua suka. Lantas kenapa gua masukin gagasan itu? Yaaa apalagi kalo bukan "gampang dapet kerja".

Gua bisa dibilang rajin banget cari informasi buat kuliah di jurusan terkait, mulai dari liat website nya, nanya2 alumni tentang fakultasnya, liat2 blog alumni yang kuliah di fakultas terkait, sampe nanya2 mahasiswa universitas yang mau banget gua kuliah di sana (yang cuma sms, tapi dikira temennya gua demen ama orang itu).
TAPI yang gua tanya itu kebanyakan (98%) kedokteran. Gak tau kenapa, tapi kayaknya gua hanya tertarik sama kedokteran, ntah karena gua terpengaruh koko gua yang juga kuliah itu, ato kebanyakan nonton film kedokteran, ato itu yang jadi cita2 gua sejak kecil? (tapi seinget gua cita2 gua waktu kecil adalah jadi PRESIDEN)

Gua berusaha menemukan minat gua di bidang yang laen, tapi entah kenapa kalo mikir tentang bidang yang laen itu berasa separo jiwa gua pergi. Bukan maksud gua lebay ato apa, tapi begitulah kenyataannya. Ketika gua memikirkan, misalnya komunikasi, tentang jadi PR suatu perusahaan ato kuliah di biotek, gua rasa gua ga POL kesengsem sama bidang itu. GUA CINTA KEDOKTERAN! Mulai dari biologi nya, faal, sampe anatomi nya. Meskipun susah, entah kenapa passion gua begitu gede kalo udah belajar tentang itu semua.

Boleh dibilang gua terobsesi sama kedokteran. Gua setengah ngacay kalo mikirin gimana rasanya jadi anak FK, stress2 belajarin modul, ngucapin janji kepaniteraan, ko-as, dilantik kadi dokter, sampe nerusin spesialis.
Gua pengen itu semua menjadi nyata, jadi bagian dari hidup gua. Pahit rasanya kalo gua mesti milih jurusan lain untuk kuliah dan cari duit berdasarkan jurusan yang gua pilih selain kedokteran.

Gua galau. Gua bingung. Gua stress.
Apa yang harus gua perbuat?

2 comments:

Unknown said...

kalau uda yakin sama pilihan hidup mau kedokteran, usahakan :)

kalau takut dengan masalah biaya, tetap berjuang kalau mau masuk negeri, juga dulu aku gitu, ga tega sama ortu, dan belajar mati2an, masuk ke UI juga :)

skrg masuk UI pun mahal ratusan juta juga kalau kedokteran tapi yang pasti ga seheboh di swasta dan skrg masuk UI lebih gampang kok.

keep praying and fighting, don't think too much, life would be easier.

xx

udayapu's blog said...

jumlah siswa yang diterima UI bukannya udah naek jadi 250 ya de ?